Text
Pembelajaran Adaptif Bagi anak Berkebutuhan Khusus
Masalah utama dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah penggunaan metode atau media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran secara tepat, yang memenuhi kebutuhan siswa, sehingga potensi yang dimiliki siswa dapat berkembang seoptimal mungkin.
Pembelajaran bagi ABK harus disesuaikan dengan kondisi ABK tersebut, oleh karena itu diperlukan media pembelajaran adaptif. Pembelajaran dengan mempergunakan media adaptif bagi ABK merupakan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kondisi ABK. Artinya yang menyesuaikan adalah pembelajaran itu sendiri, baik metode, alat/media pembelajaran, dan lingkungan belajar, bukan peserta didiknya.
Media pembelajaran adaptif pada intinya adalah motifikasi alat/media, yang bertujuan untuk memberi peluang kepada ABK dalam mengikuti program pembelajaran dengan tepat, efektif serta mencapai kepuasan. Prinsip utama dalam modifikasi media pembelajarn adalah penyesuaian aktivitas yang disesuaikan dengan potensi ABK melakukan aktivitas tersebut.
Tidak tersedia versi lain