Masalah utama dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah penggunaan metode atau media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran secara tepat, yang memenuhi kebutuhan siswa, sehingga potensi yang dimiliki siswa dapat berkembang seoptimal mungkin. Pembelajaran bagi ABK harus disesuaikan dengan kondisi ABK tersebut, oleh karena itu diperlukan media pembelajaran adaptif…
DESCRIPTION KIAT SUKSES Mengelola Pendidikan Inklusif di Sekolah Umum & Kejuruan Manajemen Pendidikan Inklusif (Kiat Sukses Mengelola Pendidikan Inklusif di Sekolah Umum dan Kejuruan) adalah sebuah buku yang memaparkan secara terperinci mengenai upaya sekolah dalam mengelola pendidikan Inklusif. Dalam buku ini dibahas bagaimana sebaiknya kepada sekolah dan para guru dalam mengembang…
Kemampuan Membaca, Menulis dan Berhitung sepatutnya dimlllkl oleh setiap anak yangakan memasuki Sekolah Dasar. namun banyakjuga dijumpai pada tingkat Sekolah Dasar kemampuan ini belum mumpuni sehingga kurang mendukungdalam pembelajaran di kelas. Diperlukan upaya yang harus dilakukan sebelum masuk Sekolah Dasar, sebuah persiapan yang dapat menghantarkan peserta didik mempunyai kemampuan membaca,…
Semua anak di Indonesia memiliki hak yang sama untuk memperoleh akses pendidikan yang bermutu. Pendidikan inklusif ramah anak diyakini sebagai sebuah cara untuk memberikan akses yang sama kepada semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu. Beberapa landasan dan legal framework pelaksanaan pendidikan inklusif sudah sangat cukup dan kuat, namun perlu dil…
Berbicara mengenai anak berkebutuhan khusus maka kita akan membahas terlebih dahulu mengenai perkembangan secara etimologi (ilmu bahasa) mengenai perubahan dan perkembangan istilah anak berkebutuhan khusus. Beberapa sebutan seperti anak cacat, anak abnormal, anak luar biasa, anak berkebutuhan khusus, semua sebutan itu sama merujuk pada satu subjek yaitu anak yang mempunyai hambatan secara fisik…
Masalah utama dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah penggunaan metode atau media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran secara tepat, yang memenuhi kebutuhan siswa, sehingga potensi yang dimiliki siswa dapat berkembang seoptimal mungkin. Pembelajaran bagi ABK harus disesuaikan dengan kondisi ABK tersebut, oleh karena itu diperlukan media pembelajaran adaptif…
Buku ini merupakan panduan bagi guru, orang tua, dan masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh tentang anak berkebutuhan khusus dengan hambatan penglihatan atau tunanetra. Memberikan penjelasan tentang kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dan layanan pendidikan yang perlu diberikan kepadanya agar label tunanetra yang selama ini melekat sebagai orang yang perlu dikasihani dan dibantu perlahan hil…
Seiring dengan lahirnya pemikiran tentang sistem layanan pendidikan yang lebih inklusif dan ramah, humanis dan holistik yaitu pendidikan yang menghargai perbedaan-perbedaan individu maka telah dirintis sistem layanan pendidikan yang bersifat terbuka bagi pengembangan potensi peserta didik. Rintisan sistem layanan pendidikan ini dikenal dengan layanan program cerdas istimewa. Rintisan layanan…
Selama ini terkadang para pendidik sering keliru menyikapi potensi dan perilaku anak berkesulitan belajar. Guru sering menganggap anak berkesulitan belajar sebagai anak yang nakai, malas, bodoh dan suka mengganggu. Padahal perilaku itu muncul sebagai dampak dari hambatan yang dimilikinya sehingga akibat itu potensi yang dimilikinya tertutup oleh dampak negatif dari hambatannya. Tidak sedikit…
Anak autis seringkali diasumsikan anak yang seringkali dijadikan masalah, atau menimbulkan banyak kesulitan bagi guru, orangtua dan rekan guru serta pimpinan sekolah, karena anak tidak dapat belajar dengan baik di sekolah. Selalu berjalan-jalan tidak dapat duduk diam mudah tantrum sering mengganggu teman yang lain di sekolah dan sejumlah masalah lain yang dibawa anak ke sekolah. Masalah bela…