Text
Psikologi Pendidikan Agama Islam
Selama ini, ada anggapan bahwa Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Islam identik dengan mempelajari perilaku individu, berujung pada melahirkan dikotomi keilmuan, sistem yang dikembangkan, dan tidak luput pula orientasi pendidikan Islam. Kondisi tersebut menjadi problematika menahun, padahal sejatinya, psikologi pendidikan Islam dipengaruhi berbagai keilmuan lainnya. Oleh karena itu, mestinya dicarikan solusi terbaik yang menghasilkan paradigma baru, yakni psikologi pendidikan Islam yang tidak hanya mengulas tentang perilaku individu dalam pendidikan, tetapi juga memberikan beragam makna baru dalam menunjang kemajuan pendidikan. Kebutuhan akan makna baru dalam kajian ilmu psikologi pendidikan Islam bukanlah suatu hal yang naif, mengingat negara Indonesia adalah negara dengan mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Akan tetapi, integrasi psikologi pendidikan Islam dalam memahami perilaku suatu individu dapat dilihat dari sudut pandang sosial, agama, dan sudut pandang lainnya.
Tidak tersedia versi lain